-->

Mengurus KTP Elektronik di Capil Kebumen

Mengurus KTP Elektronik di Capil Kebumen - Kali ini saya ingin berbagi panduan mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kantor Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Kebumen. Jadi pada bulan Oktober 2017 lalu saya telah menikah, kemudian mengurus dokumen Kartu Keluarga (KK) baru. Pada waktu itu karena kesibukan kerja, saya pun meminta orang tua untuk mengurus pembuatan KK tersebut.

Istri saya berbeda Provinsi dengan saya, yaitu Jember. Pertama kami mengurus surat pindah di Jember. Setelah memiliki surat pindah, lalu mengurus KK baru di Kantor Capil Kebumen.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk membuat Kartu Keluarga (KK) baru, diantaranya :
1. Surat Pindah
2. Foto ukuran 2x3 : 4 lembar ( Suami & Istri)
3. Foto ukuran 3x4 : 4 lembar ( Suami & Istri)
4. Kartu Keluarga Asli 
5. Fotocopy Akte Nikah : 1 lembar
6. Fotocopy Ijazah Terakhir : 1 lembar

Setelah memiliki dokumen Kartu Keluarga, selanjutnya kami mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk mengurus KTP baru, saya pun datang ke Kantor Capil Kebumen. Persyaratan yang harus dibawa untuk mengurus KTP baru adalah sebagai berikut :
1. Dokumen dari Desa/Kelurahan
2. Fotocopy Kartu Keluarga
3. KTP Elektronik Asli (Suami & Istri)

Proses pengurusan KTP baru di Kantor Capil Kebumen ini mudah dan cepat.

Pertama mengambil nomor antrean. Di tempat pengambilan nomor, petugas memeriksa dokumen, dan menanyakan golongan darah (jika di database belum ada).  Setelah itu dokumen akan diberi nomor antrean.

Apabila kita belum tahu golongan darah, di depan tempat pengambilan nomor disediakan pelayanan cek golongan darah oleh PMI.

Selanjutnya, dokumen yang sudah diberi nomor antrean diserahkan ke Meja. Kemudian tunggu nomor antrean dipanggil. Setelah nomor antrean dipanggil, kita akan menuju ruang rekam dan cetak KTP Elektronik. Di ruang ini petugas akan melakukan verifikasi data, dan kemudian mencetak KTP baru.

0 Response to "Mengurus KTP Elektronik di Capil Kebumen "


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel